Barang Dagangan Wajib Toko Kelontong

18 Jan 2013 | Dilihat 12,321 kali | 0 komentar
Kategori: Mengelola Usaha | Tags: , ,
Toko kelontong biasanya didesain untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Oleh karena itu tidak dibutuhkan ukuran yang terlalu luas dan tidak semua barang dagangan perlu untuk dipajang atau dijual didalamnya. Keterbatasan ruang di toko dan keterbatasan petugas atau penjual yang mengawasi mengharuskan pengelola toko kelontong untuk mampu memilih barang dagangan apa saja yang wajib ada didalam tokonya sehingga mampu memenuhi kebutuhan konsumen yang datang.
Berikut ini adalah beberapa jenis barang dagangan yang wajib ada dalam sebuah toko kelontong.

1. Makanan dan Minuman Ringan
Produk kategori ini merupakan sasaran utama konsumen ketika memasuki toko kelontong, terutama toko kelontong yang berada di lingkungan perumahan penduduk yang banyak terdapat anak kecil. Produk makanan dan minuman ringan yang dijual juga harus memenuhi ekspektasi harga konsumen disekitar toko karena faktor harga masih menjadi penentu utama untuk jenis produk seperti ini.

2. Obat-obatan Bebas
Konsumen biasanya lebih memilih untuk membeli di toko terdekat (kecuali ada apotek) apabila membutuhkan obat-obatan ringan semacam obat flu dan sakit kepala. Jarak dan kecepatan dalam memperoleh menjadi alasan utama untuk itu.

3. Kebutuhan Dapur
Kebutuhan dapur biasanya terpenuhi melalui belanja bulanan di supermarket atau sejenisnya. Namun ada kalanya persediaan tersebut habis sebelum akhir bulan sehingga toko kelontong yang dekat dengan rumah menjadi salah satu solusi pemenuhan kebutuhan seperti minyak goreng, telur, mentega, gula, dll.

4. Rokok
Kebiasaan merokok masyarakat Indonesia yang masih tinggi dan alasan kepraktisan dalam membeli menjadikan produk ini barang dagangan wajib dalam sebuah toko kelontong.

5. Kebutuhan Kamar Mandi
Meskipun biasanya dipenuhi melalui belanja bulanan, namun tidak semua melakukan hal itu. Belanja di toko terdekat masih menjadi pilihan bagi banyak orang untuk memenuhi kebutuhan kamar mandi seperti sabun, pasta gigi, dan shampo.

Setelah produk-produk diatas dipenuhi dan tersedia didalam toko kelontong, pengelola bisa menambahkan jenis produk lain sesuai dengan lingkungan sekitar atau perilaku konsumen yang menjadi pelanggannya. Namun biasanya barang-barang yang dibutuhkan oleh konsumen toko kelontong pasti tidak jauh-jauh dari kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 + 4 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>