Bola Itu Bulat, Tapi…

14-06-2014

Bola itu memang bulat, demikian ungkapan yang sering kita dengar untuk menggambarkan berbagai kemungkinan dan kejutan dalam sebuah pertandingan sepak bola.

Yah, musim piala dunia sudah dimulai dan kejutan terbesar sampai hari ini adalah tadi malam Spanyol sang juara bertahan dibantai Belanda dengan skor telak 1-5. Coba misalnya bola itu tidak bulat, tapi lonjong atau kotak. Pastilah hasilnya tidak akan seperti itu, malahan mungkin tidak akan ada yang namanya sepak bola. Hehehehe…. Garing banget.

Sebenarnya bukan itu topik utamanya, hmmm… Sok bijaksana ahh. Jika diperhatikan Starting line-up tim Spanyol pada pertandingan ini hanya 4 pemain yang bukan termasuk tim mereka ketika mengalahkan Belanda di final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Itu artinya 7 pemain adalah anggota tim ketika menjadi juara saat itu.
Sementara Belanda hanya 4 pemain yang menjadi bagian tim di final 2010 dan 7 orang lainnya adalah muka baru. Kebalikan dari tim Spanyol.

Dengan mayoritas pemain yang sama maka jelas permainan Spanyol kurang lebih tidak akan berbeda dengan tim ketika mengalahkan Belanda 4 tahun lalu. Pola permainan yang sama tentu akan lebih mudah dipelajari dan diantisipasi oleh Belanda. Sebaliknya Belanda dengan mayoritas pemain baru tentu memiliki gaya bermain yang kurang dikenal dengan baik oleh Spanyol. Hasilnya pun menunjukkan bahwa perubahan yang dilakukan Belanda membawa hasil yang memuaskan, dan menyedihkan bagi kubu Spanyol.

Jadi, terlepas dari bola itu bulat, atau lonjong, atau kotak. Perubahan dan penyegaran tim yang dilakukan oleh Belanda lah yang menjadikan mereka lebih superior daripada pasukan “orang lama” yang diusung oleh Spanyol.

Begitulah ceritanya mas bro dan mbak bre…

(Dikunjungi 45 kali, 1 pengunjung hari ini)

Coretan Lain



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *