Cara Mengatur Keuangan Agar Menjadi Wirausaha Sukses

02-09-2016

Cara mengatur keuangan sangat berperan terhadap sukses tidaknya seorang wirausaha. Tentu, semua orang pasti punya keinginan untuk berwirausaha dan menjadi wirausaha sukses. Banyak ide-ide baru untuk dijadikan usaha sebagai dampak dari pesatnya perkembangan teknologi. Dorongan berwirausaha tersebut pada akhirnya memunculkan usaha-usaha startup dengan ide-ide usaha yang fresh dan baru, dengan inovasi-inovasi yang cemerlang. Banyak yang menuai sukses melalui bisnis startup namun tidak sedikit juga yang gagal, layu sebelum berkembang. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana bisa sebuah ide cemerlang penuh inovasi namun perusahaannya justru gagal tumbuh dan berkembang.

Well, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mencari jawaban untuk itu. Mempunyai ide cemerlang untuk berwirausaha dan bagaimana menjalankan wirausaha adalah dua hal yang sama sekali berbeda. Selain kegagalan menjalankan manajemen dengan baik. Faktor utama lain yang sering menjadi penyebab kegagaalan bisnis startup adalah kurangnya pengetahuan tentang cara mengatur keuangan usaha. Oke, anggap saja kondisi finansial diawal berdiri sudah mencukupi untuk semua perkiran biaya dan pengeluaran yang akan terjadi, tapi jika anda tidak disiplin dan hemat serta paham cara mengelola keuangan usaha dengan baik maka tidak banyak yang bisa diharapkan dari bisnis startup tersebut.

(Baca juga: Hal Penting Yang Harus Dipahami Dan Dilakukan Sebelum Memulai Usaha Sendiri)

Jadi jika anda ingin berwirausaha dan ingin menjadi wirausaha sukses, beberapa pedoman berikut mungkin bisa membantu anda dalam mengelola keuangan usaha yang baru atau sudah berjalan.

Pisahkan uang perusahaan dengan uang pribadi.
Ini adalah peraturan pertama dan utama yang wajib dipatuhi jika ingin menjadi wirausaha sukses. Mungkin sudah banyak yang pernah mendengar atau tahu hal ini, tapi masih banyak juga yang mengabaikan dan menjadi penghalang besar bagi perkembangan bisnisnya. Uang untuk usaha adalah kekayaan milik perusahaan yang digunakan untuk mengembangkan usaha hukumnya wajib dipisahkan dari uang pribadi untuk kehidupan sehari-hari meskipun usaha tersebut milik anda sendiri.

Buat catatan keuangan yang tertib dan rapi.
Catatan keuangan tidak harus detail seperti pelajaran akuntansi. Paling tidak ada neraca dan laporan laba-rugi, semua pengeluaran dan pemasukan tercatat rapi, dan bisa dipahami oleh mereka yang membaca catatan itu. Catatan keuangan juga berperan sebagai tolok ukur keberhasilan atau kegagalan usaha, catatan keuangan juga bisa memberikan tanda-tanda terkait kondisi bisnis startup anda.

cara mengatur keuangan

Memahami Cara Mengatur Keuangan Usaha Adalah Kunci Sukses Dalam Wirausaha

Gajilah diri anda sendiri secara proposional.
Gunakan gaji dari bisnis startup anda untuk kebutuhan anda sehari-hari, menggaji diri sendiri berbeda dengan mengambil uang perusahaan untuk keperluan pribadi. Besaran gaji untuk diri sendiri juga perlu disesuaikan dengan kondisi bisnis yang ada. Jangan paksakan terlalu besar, jangan paksakan memberikan tunjangan dan bonus, jika memang kondisi masih belum memungkinkan. Ada kalanya harus siap berkorban dengan tidak digaji agar uang usaha yang ada bisa lebih cukup untuk pengembangan.

Jangan malu mencari dan meminta diskon.
Meskipun dana yang tersedia cukup untuk membeli bahan dan kebutuhan namun bukan berarti harus dibelanjakan semua. Kalau bisa lebih murah mengapa tidak? Anda bisa gunakan kupon diskon, bisa juga dengan cara negosiasi atau tawar-menawar dengan vendor, atau dengan cara lainnya. Setelah berjalannya waktu anda akan menyadari berapa banyak yang anda bisa hemat demi berlangsungnya bisnis startup yang anda miliki.

(Baca juga: Aktivitas Dasar Yang Wajib Dilakukan Oleh Sebuah Usaha)

Garasi rumah lebih baik daripada sewa kantor.
Jika ada lokasi yang bisa ditempati secara gratis kenapa harus sewa atau beli? Dana yang ada bisa digunakan untuk hal yang lebih penting. Namun bukan berarti anda tidak perlu merombak atau sedikit merenovasi garasi. Pada dasarnya supaya saat bekerja anda merasa nyaman dan aman.

Kedisiplinan anda mengelola anggaran keuangan perusahaan dengan ketat dan sesuai rencana merupakan kunci dari keberlangsungan dan keberhasilan wirausaha yang anda jalani. Karena pada dasarnya faktor keuangan adalah urat nadi dari hampir semua bisnis yang ada, dan anda sebagai pelaku wirausaha harus fokus dalam mengelola uang perusahaan tersebut. Jangan sampai ide segar dan inovasi baru yang anda kembangkan layu sebelum berkembang hanya karena kurang disiplin mengelola uang perusahaan.

(Dikunjungi 208 kali, 2 pengunjung hari ini)

Coretan Lain



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *