Ciri-ciri Diet Tidak Sehat

23-05-2014

Bagi kebanyakan orang, diet adalah salah satu cara yang dianggap terbaik dan tercepat untuk menurunkan berat badan. Tidak jarang juga banyak yang melakukan diet secara sembarangan sehingga malah menjadikan hal itu tidak sehat bagi tubuh. Bagaimana bisa mengenali diet yang dilakukan itu tidak sehat? Berikut ini adalah beberapa indikasi yang muncul jika diet yang dilakukan tidak sehat.

Terus merasa lapar.
Perut yang terus merasa lapar bisa terjadi karena meninggalkan sarapan atau meninggalkan jadwal makan yang lain. Hal ini juga terjadi jika mengikuti diet yang kurang tepat dengan terlalu sedikit asupan kalori, karbohidrat atau protein, dan kurang asupan makanan tinggi serat. Penyebab yang lain adalah karena mengkonsumsi makanan yang empty calories (hanya banyak mengandung kalori tapi nyaris tanpa gizi sama sekali) yakni makanan olahan yang tinggi gula atau tinggi lemak.

Mudah merasa lelah.
Kelelahan fisik yang mudah muncul ketika menjalankan diet bisa dipicu oleh program penurunan berat badan yang didasarkan oleh diet rendah karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber utama bahan bakar tubuh yang bisa segera digunakan. Kekurangan karbohidrat bisa membuat seseorang lelah secara fisik dan tak bersemangat secara mental. Hal lain yang mungkin menjadi penyebab adalah kurang mencukupinya asupan air atau zat besi.

Kesulitan konsentrasi.
Meninggalkan sarapan atau tidak mendapatkan cukup asupan anti oksidan dan vitamin E (yang terdapat pada kacang kacangan, dan biji bijian) bisa menyebabkan perasaan galau dan sulit berpikir, atau bahkan penurunan daya ingat. Hal ini bisa juga terjadi karena kurangnya asupan zat besi.

Muncul perasaan depresi.
Perasaan mudah tertekan atau mudah merasa depresi bisa terjadi karena kekurangan asupan lemak omega 3 dari ikan atau kekurangan vitamin B terutama asam folat, vitamin B6, dan vitamin B12.

Diet yang semula bertujuan baik jika dilakukan dengan tidak sehat dampaknya malah merugikan bagi tubuh. Hal-hal diatas adalah beberapa gejalanya dan mungkin bisa menyebabkan gangguan-gangguan lain yang mungkin lebih parah. Lantas bagaimana solusinya?
Solusinya mudah. Lakukan diet yang seimbang dan selalu pastikan mengkonsumsi sarapan yang sehat untuk mencegah lesu saat mendekati jam makan siang. Termasuk jangan lupa mengkonsumsi buah-buahan segar. Pilih makanan yang banyak mengandung serat agar tubuh tetap berenegi. Sayuran sangat penting untuk dikonsumsi karena banyak mengandung asam folat yang berguna bagi tubuh. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan sumber omega-3 seperti ikan laut paling tidak 2 atau 3 kali seminggu.

(Dikunjungi 268 kali, 1 pengunjung hari ini)

Coretan Lain



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *