Foto Produk, Efektifitas Sebuah Pemasaran Dan Promosi Online

07-03-2017

Sekarang adalah masanya jual beli online karena teknologi yang ada sudah sangat mendukung untuk hal itu. Karena sifatnya yang virtual, maka dalam melakukan promosi online pemilik produk atau penjual harus mampu memberikan penjelasan yang gamblang. Lengkap dan sedetail mungkin tentang produk yang mereka tawarkan kepada calon pembeli. Disini lah peran gambar atau foto produk yang ditawarkan sangat penting. Terutama jika anda memanfaatkan media sosial semacam facebook, instagram, ataupun lainnya.

Foto produk adalah hal pertama yang dilihat oleh calon pembeli.
Bukan keterangan atau detail tulisan yang menyertainya, melainkan gambar atau foto produk yang pertama kali dilihat oleh calon pembeli. Dari sini calon pembeli sudah mulai mempertimbangkan dan membandingkan apakah gambar yang dia lihat itu sudah sesuai dengan apa yang diharapkan atau tidak. Mulai bentuk, ukuran, warna, bahkan sampai ke detai gambar yang ada. Baru kemudian umumnya mereka akan membaca keterangan atau penjelasan terkait gambar produk tersebut.

(Baca juga: Cara Toko Kelontong Menjual Lebih Banyak)

Foto produk membantu calon pembeli untuk lebih paham.
Salah satu faktor utama yang mendorong orang melakukan belanja online adalah faktor kenyamanan. Ketika faktor kenyamanan ini berkurang maka peluang untuk membeli produk secara online bisa berkurang, dan faktor utama yang mempengaruhi kenyamanan dalam berbelanja online adalah tersedianya gambar atau foto produk yang dijual secara lengkap dan detail karena pada dasarnya calon pembeli tidak bisa menyentuh langsung produk yang mereka lihat. Gambar dengan kualitas tinggi bisa menjembatani hal ini.

foto produk promosi online

Tidak masalah Membuat Foto Produk Dengan Kamera HP Asalkan Mampu Menjembatani Tampilan Virtual Sehingga Serasa Nyata

Foto produk berpengaruh pada nilai dan nama baik.
Foto produk yang baik adalah “brand ambassador” bagi produk tersebut dan bagi penjualnya. Tidak masalah jika produk yang anda jual secara online adalah produk rumah tangga sehari-hari, tapi jika foto produk yang ditampilkan sangat baik dan detail maka penilaian calon pembeli terhadap produk tersebut akan berbeda. Calon pembeli akan lebih tertarik dengan produk yang memiliki kualitas foto yang lebih baik dibandingkan dengan produk dengan foto asal jepret, meskipun produk yang ditawarkan adalah sama.

(Baca juga: Menjadi Tenaga Penjualan Yang Lebih Baik)

Foto produk yang baik + keterangan produk yang jelas = peningkatan penjualan.
Intinya adalah membuat calon pembeli merasa sedekat mungkin dengan produk yang ditawarkan seakan-akan calon pembeli tersebut bisa menyentuhnya. Foto sebuah produk dari beberapa sudut pengambilan gambar, kualitas foto yang tajam, informasi terkait produk yang lengkap dari mulai bahan, ukuran, berat, pilihan warna, dan sebagainya akan menciptakan pengalaman unik bagi calon pembeli. Pengalaman unik yang bisa menjembatani tampilan virtual. Sehingga seakan-akan calon pembeli bisa merasakan langsung produk yang ditawarkan. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada nama baik produk dan kesuksesan jualan online yang dilakukan.

Nah, sekarang kita semakin paham pengaruh kualitas foto produk yang dijual secara online dan pengaruhnya terhadap kesuksesan jual-beli online yang dilakukan.

Coretan Lain



2 thoughts on “Foto Produk, Efektifitas Sebuah Pemasaran Dan Promosi Online

  1. ari

    Bener mas, detail produk memang wajib ada pas promosi online. Salah satunya foto atau video yang skali liat buat orang penasaran dan akhirnya mulai mencari detail lainya.. saya juga pernah gagal total promosi online gara2 gak gtu main soal grafis 🙁

    Reply
    1. Witsandz Post author

      Iya mas bro, mau gak mau memang kudu siap foto atau video yg baik untuk jualan online.

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *