Hal Penting Yang Harus Dipahami Sebelum Membuka Usaha Sendiri

07-06-2013

membuka-usaha

Seseorang dengan semangat enterpreneur harus mampu menemukan jalan yang tepat guna menyalurkan semangat enterpreneurnya menjadi sebuah usaha atau bisnis yang sukses. Sebelum membuka usaha atau bisnis sendiri, ada baiknya jika anda mempertimbangkan secara matang apakah nantinya bisnis ini akan langgeng atau justru akan berhenti ditengah jalan. Ada beberapa aspek penting yang harus diputuskan didepan atau sebelum memulai bisnis sendiri, dan aspek-aspek ini sangat vital fungsinya guna menilai apakah melakukan bisnis sendiri adalah jalan terbaik atau sebaliknya.

Keuangan
Memiliki semangat untuk berwirausaha memang penting namun memiliki sumber daya keuangan berpengaruh kepada bisa atau tidaknya anda memulai usaha atau bisnis sendiri. Evaluasi keuangan pribadi anda untuk dapat mengetahui apakah bisa menyisihkan sejumlah dana untuk memulai bisnis atau mencari sumber dana eksternal, kredit di bank misalnya. Rencana pembiayaan usaha sebaiknya direncanakan dan diputuskan didepan agar bisnis yang baru dimulai bisa lancar dan anda bisa lebih berkonsentrasi pada hal yang lebih penting.

(baca juga: Bagaimana Membuat Laporan Keuangan Usaha)

Pengalaman
Pengalaman yang cukup dibidang usaha yang sesuai pastinya sangat membantu dalam menjalankan bisnis mandiri anda. Jangan lupa untuk selalu menambah ilmu dan wawasan terutama yang sejalan dengan bidang usaha anda. Baca buku atau referensi untuk bidang usaha anda dan jangan segan mencari informasi tentang asosiasi terkait yang ada guna menambah pengetahuan dan jaringan.

(Dikunjungi 774 kali, 1 pengunjung hari ini)

Coretan Lain



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *