Menciptakan Motivasi Kerja Karyawan Itu Ternyata Tidak Sulit

26-08-2016

Menciptakan motivasi kerja karyawan yang positif itu gampang-gampang susah. Dan masalah terkait motivasi kerja ini pasti dihadapi oleh semua pemilik atau pengelola usaha. Munculnya permasalahan dalam perusahaan bukan diawali dari konsumen, melainkan dari orang dalam perusahaan atau organisasi tersebut. Ketika seorang konsumen datang dengan harapan layanan kelas satu tapi yang didapatnya adalah layanan kualitas kelas dua atau bahkan kelas tiga, maka jangan harapkan konsumen itu akan datang kembali.

Jalan terbaik untuk memahami konsumen atau pelanggan adalah menjadikan anda (pemimpin atau pengelola usaha) sebagai pelanggan anda sendiri. Pengalaman dan penilaian seorang pelanggan dimulai ketika pelanggan tersebut melakukan kontak dengan produk yang anda tawarkan dan pastinya dengan pegawai yang menawarkan produk anda. Dalam gambaran besarnya, hal ini bisa dilihat sebagai siklus yang berkepanjangan: Kepemimpinan yang baik akan menciptakan ikatan yang baik bagi karyawan terhadap perusahaannya (dan sebaliknya), dan karyawan akan memberikan pengalaman bagi pelanggan untuk kemudian terikat dengan produk yang anda tawarkan.

(Baca juga: Pelanggan Eksternal Vs. Pelanggan Internal)

Ada banyak cara untuk menciptakan ikatan yang positif dengan karyawan perusahaan yang bisa menciptakan motivasi kerja positif bagi mereka, berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Komunikasikan tujuan-tujuan perusahaan.
Budaya perusahaan atau organisasi yang bak membutuhkan transparansi dan komunikasi yang baik pula. Tanpa transparansi dan komunikasi yang baik, bagaimana para karyawan bisa memahami apa tujuan yang harus mereka gapai. Komunikasi yang baik dengan semua karyawan akan memberikan kesamaan pandangan bagi semua yang terlibat dalam suatu kegiatan. Sehingga kurangnya persiapan atau kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi bisa dihindarkan.

motivasi kerja karyawan

Menciptakan Motivasi Kerja Karyawan Yang Positif Bisa Dimulai Dari Hal Sederhana

Terima dan berikan masukan secara berkala.
Memberikan kesempatan bagi semua orang yang terlibat dalam perusahaan atau organisasi untuk saling memberi masukan adalah cara yang efektif untuk meningkatkan ikatan antara karyawan dengan perusahaan. Semakin cepat rentang waktunya (misal: seminggu atau dua minggu sekali) semakin baik, karena isu-isu yang muncul masih relatif segar dan tidak basi. Dapat anda bayangkan sendiri jika kesempatan untuk memberi masukan dijadwalkan setiap enam bulan sekali. Permasalahan mungkin sudah menjadi lebih parah dan selama itu karyawan bisa jadi menjadi tidak nyaman yang beresiko gagal memberikan yang terbaik bagi pelanggan.

Dengarkan karyawan anda.
Karyawan adalah ujung tombak dari pelayanan yang kita berikan kepada pelanggan atau konsumen. Dan tentu motivasi kerja karyawan akan memiliki peran penting dalam hal ini. Umumnya mereka melihat dan mengalami apa yang tidak dilihat dan tidak dialamai langsung oleh manajer atau pimpinan perusahaan. Mereka ini adalah sumber informasi yang sangat berharga jika anda ingin meningkatkan ikatan dengan konsumen. Mintalah pendapat dan masukan dari mereka, dengarkan dan diskusikan bersama tentang apa yang dikatakan oleh mereka.

(Baca juga: Beberapa Hal Yang Sebaiknya Tidak Diucapkan Kepada Bawahan)

Rayakan keberhasilan atau pencapaian tertentu.
Ada hal kecil lain yang bisa dilakukan untuk menciptakan ikatan kuat dengan karyawan. Coba lakukan sedikit perayaan terhadap suatu keberhasilan yang telah mereka lakukan. Tidak harus perayaan yang besar dan mewah. Perayaan kecil yang sifatnya personal justru akan menunjukkan bahwa karyawan adalah aset penting. Aset yang berperan vital bagi perusahaan dan mereka sebaiknya mengetahui tentang hal tersebut.

Memahami karyawan dan menciptakan kondisi kerja yang optimal dengan interaksi yang baik merupakan cara mudah untuk menciptakan motivasi kerja yang positif bagi mereka. Relatif mudah dan tidak mahal, tapi sangat berpengaruh kepada kelancaran operasional perusahaan.

(Dikunjungi 150 kali, 1 pengunjung hari ini)

Coretan Lain



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *