Menciptakan Toko Kelontong Yang Oke Itu Tidak Sulit

04-01-2013

Bagaimana cara menciptakan toko kelontong yang oke, yang berkesan di pelanggan? Yang membuat pelanggan menjadi loyal dan setia berbelanja. Pertanyaan ini biasanya terlintas bagi mereka yang punya rencana untuk membuka toko kelontong, atau malah sudah punya toko kelontong yang sudah berjalan. Masih ingat bunyi iklan yang seperti ini, “Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya…” Ungkapan tersebut ternyata tidak hanya berlaku untuk individu, tetapi juga sangat relevan dengan usaha yang anda miliki apapun bentuk dan ukurannya. Jika anda memiliki tempat usaha atau toko, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini agar toko anda memiliki kesan yang baik dan menarik bagi pelanggan yang datang.
Tapi sebelumnya mungkin tidak ada salahnya jika anda sedikit memahami tentang Hal Penting Yang Harus Dipahami dan Dilakukan Sebelum Memulai Usaha Sendiri.

1. Kebersihan lingkungan toko.
Tempat-tempat pelayanan umum yang banyak dikunjungi orang, rata-rata karena kebersihannya baik atau malah sangat baik. Dan hal tersebut menjadi faktor utama pilihan orang mengapa ia ingin datang atau berkunjung. Sejalan dengan itu maka toko kelontong atau tempat anda berbisnis pun harus bersih. Peliharalah kebersihan lingkungan tempat anda bekerja setiap saat, setiap ada kesempatan membersihkan maka bersihkanlah. Terutama setelah anda selesai melakukan pekerjaan, sebisa mungkin jangan ditunda.

2. Kerapian penataan barang.
Kerapian dalam penataan juga akan memberikan kesan yang baik di benak konsumen. Kerapian tersebut meliputi penataan tempat, produk yang dipajang, dan juga tidak kalah penting adalah kerapian para pekerjanya. Kesan rapi, bersih, dan teratur akan menstimulasi otak konsumen untuk menilai positif toko anda pada kesan pertama mereka. Tidak jarang mereka juga akan menyimpulkan bahwa toko atau tempat usaha anda dikelola dengan baik dan rapi.

toko kelontong yang oke

Desain Toko Kelontong Yang Oke Tentu Akan Memberikan Hasil Yang Oke Pula

3. Kebersihan barang yang dijual.
Untuk menciptakan toko kelontong yang oke, jangan sampai anda menjual produk atau barang dagangan yang tidak terawat kepada konsumen atau baru dibersihkan ketika barang tersebut diminta konsumen anda. Jika usaha anda berupa bengkel, peralatan bengkel pun harus dijaga kebersihan dan kerapian dalam penempatannya. Karena jika tidak terawat dan tidak rapi penempatannya, selain akan terkesan jorok juga beresiko mencederai orang lain apabila penempatannya sembarangan.

(Baca juga: Memilih Nama Usaha Yang Menjual)

4. Rasa aman.
Lingkungan toko kelontong yang aman adalah penting baik bagi pelanggan dan juga bagi anda sebagai pemilik atau pengelola. Perlu diperhatikan bahwa rasa aman saat ini sangat mahal. Perhatikanlah masalah keamanan konsumen anda, baik di dalam lokasi toko atau tempat usaha anda maupun di luar. Pemberian jaminan keamanan bagi konsumen membuat mereka menjadi fokus untuk membelanjakan uangnya di toko atau tempat usaha anda. Jika perlu anda bisa menyediakan petugas yang mengelola keamanan itu.

Kerapian, kebersihan, dan rasa aman pada akhirnya akan menciptakan rasa nyaman bagi konsumen untuk berbelanja di toko atau tempat usaha anda dan menjadikan toko kelontong yang oke niscaya akan terwujud. Dan jika dipelihara terus bukan tidak mungkin berawal dari kesan pertama yang nyaman bisa menjadikan mereka konsumen atau pelanggan yang loyal.

Coretan Lain



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *