Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah

08-02-2013

hemat-listrik

Menghemat pemakaian listrik di rumah, sulit kah? Hidup hemat sekarang sudah menjadi gaya hidup bagi banyak orang, terutama sejak semakin mahalnya harga listrik disamping juga semakin terbatasnya pasokan listrik yang tersedia. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam rumah tangga dalam kaitannya dengan budaya hemat listrik atau hemat energi ini.
Langkah pertama adalah menghitung kebutuhan maksimal daya listrik untuk rumah tangga. Setelah diketahui kebutuhan daya listriknya, kita bisa memilih golongan sambungan daya PLN yang paling sesuai. Mengapa demikian? Jika golongan daya yang dipilih terlalu besar, selain mubazir juga akan berdampak pada semakin mahalnya tagihan biaya listrik karena harga satuan listrik akan semakin mahal untuk sambungan daya yang lebih besar.

(Baca juga: Hal Sepele Yang Memboroskan Uang)

Langkah bijak selanjutnya adalah memilih dan menggunakan peralatan elektronik yang hemat energi atau berdaya listrik rendah. Jika ada cukup uang, sebaiknya ganti peralatan elektronik yang boros listrik dengan yang lebih hemat listrik. Setelah menggunakan peralatan elektronik hemat energi maka gunakan alat-alat tersebut seefisien mungkin. Matikan jika tidak dibutuhkan dan nyalakan jika benar-benar membutuhkan peralatan tersebut. Cabut colokan atau saklar peralatan elektronik yang sedang tidak digunakan. Peralatan elektronik yang terpasang colokan listriknya akan tetap mengkonsumsi listrik dalam jumlah kecil meskipun peralatan tersebut mati atau off.

(Dikunjungi 238 kali, 1 pengunjung hari ini)

Coretan Lain



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *