Pelanggan Eksternal Vs. Pelanggan Internal

16-09-2013

pelanggan-internal

Pelanggan bisnis yang kita miliki bukan hanya mereka yang datang ke toko atau memesan lewat telepon untuk membeli barang atau jasa yang kita tawarkan. Pelanggan bisnis juga meliputi semua orang yang bekerja agar operasional perusahaan dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan laba. Mereka adalah semua karyawan perusahaan. Meskipun pelanggan eksternal dan internal memiliki peran yang berbeda antara satu dengan lainnya, tetapi keduanya memiliki peran penting dalam keberhasilan sebuah usaha.

(Baca juga: Identifikasi Pelanggan Internal Organisasi Atau Perusahaan)

Pelanggan eksternal adalah orang yang menggunakan barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tetapi bukan termasuk didalam organisasi perusahaan atau bukan bagian dari perusahaan. Sedangkan pelanggan internal adalah semua anggota atau karyawan yang menjadi bagian dari perusahaan yang saling bekerjasama untuk menjalankan pekerjaan atau tanggungjawabnya dalam sistem organisasi perusahaan.
Keberadaan pelanggan eksternal sangat penting bagi kesuksesan sebuah bisnis atau usaha. Karena pelanggan eksternal inilah yang memberikan pendapatan usaha bagi sebuah usaha melalui pembelian yang mereka lakukan. Pelanggan eksternal yang puas selanjutnya akan melakukan pembelian ualang dan mungkin mereferensikan kepada temannya yang lain. Sebaliknya, seorang pelanggan ekaternal yang kecewa dengan produk yang dibeli atau kecewa dengan layanan penjualan dari perusahaan tentu tidak akan datang kembali untuk membeli ulang bahkan mungkin akan mempengaruhi calon pelanggan lain untuk tidak membeli berdasarkan pengalaman kurang baiknya.

Coretan Lain



2 thoughts on “Pelanggan Eksternal Vs. Pelanggan Internal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *