Pentingnya Kartu Nama Dalam Kegiatan Usaha

09-09-2013

kartu-nama

Ukuran kartu nama memang kecil, bila dibandingkan dengan peralatan atau piranti bisnis lainnya tidak akan sebanding secara ukuran fisik. Namun dibalik kecilnya ukuran itu, kartu nama hingga di era digital kini masih memiliki dampak yang signifikan dan kuat dalam keberhasilan sebuah usaha atau karir profesional seseorang. Membuat desain kartu nama yang bagus dan elegan serta memberikan kesan menarik adalah hal yang gampang-gampang susah. Sebuah kartu nama sebaiknya berisi desain yang sopan, elegan, sesuai dengan bidang usaha, serta informasi yang jelas.
Fungsi kartu nama di beberapa negara tidak terlalu penting, di Inggris dan Amerika Serikat, dan juga Indonesia, kartu nama mungkin hanya berfungsi sebagai alat untuk membentuk jaringan agar klien atau pelanggan tidak kehilangan informasi. Namun di negara lain seperti Jepang misalnya, bertukar kartu nama merupakan budaya bisnis yang terhormat. Sehingga kartu nama yang banyak digunakan adalah yang berkualitas tinggi, terutama bagi para pimpinan atau eksekutif perusahaan besar karena hal tersebut juga mencerminkan citra diri dan perusahaan tempat dia bekerja.

Tetap harus punya di era digital sekarang ini.
Beberapa pakar marketing menyarankan agar para pengusaha atau profesional tetap memiliki dan membawa kartu nama ketika melakukan perjalanan bisnis, meskipun dewasa ini sudah semakin banyak orang yang berkomunikasi dan bertukar informasi secara digital. Dalam kenyataannya masih banyak pihak yang belum memanfaatkan kecanggihan teknologi, terutama pebisnis yang usianya agak tua. Bagi sebagian pebisnis, tidak memiliki kartu nama untuk ditukar pada saat bertemu rekan bisnis baru menunjukkan rendahnya etika bisnis yang bersangkutan.
Sebuah kartu nama, seperti halnya pakaian dan perilaku, akan memberikan kesan pertama anda kepada klien atau calon kolega usaha yang baru. Kartu nama memberikan kesan profesionalitas dan kebanggaan anda terhadap pekerjaan yang anda lakukan. Selain itu, kartu nama juga akan mengingatkan kolega baru anda terhadap anda ketika dia sampai kembali di kantor dan membuka dompetnya atau menemukan kartu nama itu disakunya.
Pemilihan bahan untuk kartu nama juga harus diperhatikan. Hindari penggunaan bahan yang sifatnya dapat merusak dompet seseorang, penggunaan material yang ramah lingkungan saat ini merupakan pilihan terbaik sejalan dengan isu global terkait dengan lingkungan.

(Dikunjungi 196 kali, 1 pengunjung hari ini)

Coretan Lain



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *