Peran Penting Soft Skill di Tempat Kerja

26-09-2013

softskills

Sebuah usaha yang sedang berkembang tentu pada akhirnya akan membutuhkan tambahan SDM untuk operasional sehari-hari. Menemukan karyawan dan menilai kemampuannya dengan tepat pada dasarnya gampang-gampang susah. Dalam menilai kemampuan kerja seorang pegawai biasanya banyak perusahaan atau instansi yang hanya melihat pada kecakapan bekerja, pelatihan, dan pengetahuan dalam bidang tertentu yang terkait dengan pekerjaannya. Hal-hal tersebut biasanya digolongkan dalam Hard Skill. Berbeda dengan Hard Skill yang mudah diamati dan dinilai, Soft Skill biasanya luput dari pengamatan, padahal Soft Skill memiliki peranan yang penting dalam operasional perusahaan sehari-hari. Jika anda adalah pemilik usaha kecil maka seharusnya mempertimbangkan Hard Skill dan Soft Skill dalam persentase yang seimbang ketika hendak mempekerjakan seorang pegawai baru dan mulai mendorong pegawai lama untuk mengembangkan kemampuan Soft Skill yang dimilikinya jika dirasa masih kurang.

Berikut ini adalah beberapa kemampuan atau Soft Skill yang memiliki peranan penting dalam operasional perusahaan sehari-hari.

Etos Kerja
Ini adalah kemampuan yang sulit sekali dinilai secara kuantitas, namun para pegawai biasanya memiliki etos kerja yang berbeda yang akan menuntun mereka dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan yang diberikan kepadanya. Meskipun kemampuan ini lebih merupakan bawaan diri dari seseorang namun kemampuan ini bisa diperbaiki dan dikembangkan melalui pelatihan dan motivasi yang tepat. Sebagian pegawai akan meningkat etos kerjanya dalam mencapai tujuan perusahaan jika diimingi dengan imbalan finansial yang mereka rasa cukup namun tidak sedikit juga yang lebih menghargai imbalan non-finansial seperti perlakuan manusiawi dan kepedulian kepada mereka.

(Baca juga: Membuat Laporan Perjalanan Bisnis)

Kemampuan Komunikasi
Kemampuan dalam berkomunikasi secara verbal maupun tulisan merupakan Soft Skill yang paling penting yang harus dimiliki oleh seorang pegawai. Kemampuan komunikasi yang baik merupakan kebutuhan mutlak di semua kantor atau tempat usaha. Sebuah rencana atau ide usaha yang cemerlang tidak akan dapat dieksekusi dengan baik apabila komunikasi dari pegawai yang terlibat didalamnya tidak baik atau terputus.

Kerjasama Tim
Sebuah kantor biasanya memiliki pegawai lebih dari satu orang, untuk itu kerjasama sebagai sebuah tim mutlak dibutuhkan agar tujuan organisasi dapat tercapai. Ada pegawai yang mudah untuk bekerjasama dengan yang lain tetapi ada juga yang sulit bekerjasama dan lebih bisa bekerja sendiri. Penting bagi pemilik usaha untuk bisa menganalisa dan menilai kemampuan kerjasama tim dari pegawai yang ada sehingga organisasi bisa berjalan dengan baik.

Pengambilan Keputusan dan Penyelesaian Masalah
Satu hal lagi yang perlu dimiliki oleh seorang pegawai adalah kemampuan untuk cepat dalam mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah sederhana yang ditemui dalam operasional kantor sehari-hari. Jangan sampai operasional kantor terganggu karena tidak ada pegawai yang bisa mengisi tinta printer yang sudah habis atau kertas habis dan tidak ada yang berani mengambil keputusan untuk membeli kertas baru.

(Dikunjungi 256 kali, 1 pengunjung hari ini)

Coretan Lain



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *