Peran Vital Layanan Pelanggan Pada Usaha Kecil Menengah

04-04-2017

Layanan pelanggan pada usaha kecil adalah topik yang menarik untuk dibahas. Kita semua tahu bahwa pelanggan selalu menilai bagaimana layanan pelanggan yang mereka terima ketika sedang membeli sebuah produk. Mereka juga memiliki harapan atau ekspektasi terhadap bagaimana layanan yang mereka terima ketika berinteraksi dengan penjual. Menghadapi kondisi seperti itu, semua pengusaha kecil dan menengah mau tidak mau harus memahami dan mampu memberikan layanan pelanggan yang baik. Jika tidak maka besar kemungkinan akan menciptakan pelanggan yang tidak jujur yang pasti akan merugikan usaha.

Khusus untuk usaha kecil menengah, menyediakan atau memberikan layanan pelanggan yang baik secara terus-menerus adalah hal yang penting. Karena memberikan layanan pelanggan yang baik memiliki pengaruh besar terhadap kelangsungan usaha. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya semua perusahaan tidak akan mampu bertahan lama jika muncul cerita atau informasi yang beredar di masyarakat terkait buruknya layanan pelanggan yang mereka berikan kepada konsumen. Di era media sosial sekarang ini, berita tentang ketidakpuasan konsumen akan lebih mudah dan cepat menyebar. Berbeda bila dibandingkan dengan informasi kepuasan yang dialami oleh pelanggan.

(Baca juga: Cara Toko kelontong Menjual Produk Lebih banyak)

Setelah menerima layanan pelanggan yang kurang baik, apa yang terjadi selanjutnya?
Sebuah survei yang pernah dilakukan memberikan hasil bahwa lebih dari 75% konsumen atau pelanggan akan membatalkan pembelian atau rencana pembelian mereka setelah mengalami atau menerima layanan yang kurang baik. Layanan yang kurang baik ini meliputi diantaranya respon yang lambat ketika dihubungi atau bahkan tidak merespon sama sekali. Termasuk didalamnya tidak ramah dalam berkomunikasi, dan ketahuan jika tidak jujur dalam memberikan informasi terkait produk dan kualitasnya.

Tidak perlu heran melihat konsumen atau calon konsumen tersebut sepertinya mudah untuk membatalkan rencana pembelian mereka. Perkembangan teknologi sangat membantu para konsumen untuk dengan mudah mencari penjual lain atau pesaing yang menjual produk yang sama atau serupa.

layanan pelanggan pada usaha kecil

Layanan Pelanggan Yang Kurang Baik Pada Akhirnya Akan Menciptakan Pelanggan Yang Tidak Jujur

Mengapa layanan pelanggan pada usaha kecil memiliki peran vital? Hal ini terkait dengan model usaha kecil dimana interaksi dengan pelanggan memiliki peran besar terhadap kelangsungan bisnis atau usaha. Ada hubungan erat antara layanan pelanggan yang buruk dengan ketidakjujuran pelanggan terhadap anda sebagai penjual atau pemilik bisnis. Hal ini disebabkan karena lebih dari 95% konsumen atau pelanggan yang membeli dan menerima layanan yang buruk tidak akan komplain dan mereka akan diam saja. Dan lebih dari 90% dari mereka tidak akan pernah kembali. Hal ini menunjukkan bahwa setelah mengalami layanan yanbg buruk banyak pelanggan yang memilih diam. Selanjutnya secara diam-diam akan mencari penjual lain, tanpa pernah mau mengatakan atau menceritakan pengalaman mereka menerima layanan yang tidak baik dari anda.

(Baca juga: Cara Toko kelontong Memanfaatkan dan Mempertahankan Pelanggan Malas)

Disisi lain, pelanggan yang tidak puas atas layanan yang mereka terima akan mudah bercerita terkait pengalamannya tersebut. Cerita itu biasanya kepada 9 sampai 15 teman atau kolega yang dikenalnya, sedangkan pelanggan yang puas hanya akan bercerita kepada 4 sampai 6 orang saja. Dengan adanya media sosial kesempatan mereka yang tidak puas untuk bercerita akan semakin luas. Ini tentu menjadi hal yang tidak baik bagi keberlangsungan usaha jika yang disebarkan adalah ketidakpuasan mereka terhadap pengalaman atau layanan yang diterimanya.

Melihat hal tersebut maka sebagai pengelola usaha kecil mau tidak mau harus memberikan layanan pelanggan yang memuaskan. Karena ini adalah salah satu cara ampuh untuk bisa bersaing dengan usaha yang lebih besar. Sebenarnya hal ini lebih mudah dilakukan oleh usaha kecil menengah. Karena pada dasarnya pelaku usaha kecil menengah memiliki kesempatan atau keunggulan yang lebih dalam menciptakan interaksi dan pengalaman langsung dengan pembeli. Perlu dipahami juga bahwa bentuk implementasi layanan pelanggan pada usaha kecil akan sangat berbeda satu dengan lainnya. Perbedaan itu tergantung dari jenis usaha dan karakter pelanggan yang dimiliki.

Coretan Lain



2 thoughts on “Peran Vital Layanan Pelanggan Pada Usaha Kecil Menengah

  1. Farid

    Setuju….
    Bagi penjual lebih mudah merespon pembeli yg secara terang2an komplain, dibandingkan yg tdk secara terbuka. Karena dampak negatifnya bisa jadi lebih besar

    Reply
    1. Witsandz Post author

      Wah, terima kasih sudah mampir suhu…

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *