Strategi Jitu Toko Kelontong Dan Pelanggan Malas

05-03-2017

Hubungan ketergantungan antara toko kelontong dan pelanggan malas semakin meningkat seiring perkembangan teknologi informasi. Persaingan yang ketat dalam mempertahankan pelanggan dan disaat bersamaan mempertahankan volume penjualan adalah hal yang dihadapi oleh pemilik atau pengelola toko. Baik itu toko kelontong tradisional ataupun toko dengan konsep minimarket modern. Berbagai cara sudah dilakukan guna mempertahankan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru untuk belanja kebutuhan di toko kelontong yang mereka kelola.

Memahami karakter pelanggan merupakan salah satu cara untuk bisa menciptakan ikatan yang baik dan mempertahankan pelanggan sebuah toko kelontong. Hal ini penting terutama bagi toko kelontong yang sifatnya masih tradisional yang ada di pelosok perkampungan atau perumahan. Toko kelontong tradisional, bila dibandingkan dengan toko dengan konsep minimarket modern, apalagi yang didukung dengan jaringan distribusi nasional, tentu kalah jauh dalam hal promosi yang dilakukan guna menarik konsumen atau mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

(Baca juga: Toko Kelontong Yang Oke)

Terkait dengan karakter pelanggan, salah satu tipe pelanggan yang semakin banyak muncul di perkotaan yang sibuk adalah tipe pelanggan malas atau mager, demikian istilah kekiniannya. Pada umumnya tipe pelanggan ini lebih mengandalkan jasa layanan antar untuk memenuhi kebutuhannya. Mereka lebih rela mengeluarkan biaya tambahan untuk jasa layanan antar daripada harus menghabiskan waktunya untuk keluar rumah untuk berbelanja.

Setelah memahami karakter pelanggan, hal selanjutnya yang perlu dipelajari dan dipahami adalah siklus pembelian untuk barang-barang kebutuhan rumah tangga dari masing-masing pelanggan yang malas tersebut. Salah satu produk yang mudah dikenali siklus pembeliannya adalah air minum galon. Menariknya, hampir semua rumah tangga memiliki lebih dari satu galon kemasan air, bahkan ada yang memiliki sampai 3 atau lebih galon untuk cadangan.

toko kelontong dan pelanggan malas

Toko Kelontong Dan Pelanggan Malas Sebenarnya Saling Membutuhkan

Untuk mempertahankan pelanggan produk ini agar tidak berpaling ke lain toko sebenarnya relatif mudah. Langkah awal yang bisa dilakukan pengelola toko kelontong adalah mendapatkan nomor telepon pelanggan yang bersangkutan. Juga sebuah buku catatan kecil untuk mencatat siklus kebutuhan atau waktu pembelian mereka. Kebutuhan atau konsumsi air minum dalam rumah tangga relatif tetap setiap harinya. Oleh karenanya setiap rumah tangga akan memiliki siklus pembelian air minum dalam galon yang relatif tetap dan terpola. Ada yang rutin setiap habis 1 galon akan membeli ulang, atau menunggu setelah 2 atau 3 galon baru akan berbelanja ulang.
Catatan nomor telepon dan siklus konsumsi air minum galon setiap rumah tangga pelanggan berperan penting disini. Pengelola toko kelontong sebaiknya bertindak lebih aktif dengan menghubungi pelanggan tersebut ketika dirasa sudah waktunya. Waktu untuk membeli lagi air minum galon sesuai dengan pola belanja air galon mereka. Gunakan media komunikasi yang termurah, karena bagaimanapun juga biaya harus dihitung.

(Baca juga: Pengawasan dan Pengendalian Persediaan Dagangan)

Jadi intinya, bergerak sebelum mereka menelepon toko kelontong atau penjual air minum galon yang lain. Pengelola toko harus bisa lebih dulu menelepon atau mengirimkan pesan menawarkan air minum galon untuk diantar ke rumah mereka. Dengan demikian pelanggan tersebut akan merasa satu, diingatkan kalau sudah waktunya beli air minum galon kalau ternyata mereka lupa karena sibuk. Dua, mereka tidak sempat memesan atau membeli di toko saingan anda. Hal ini juga bisa diterapkan untuk beberapa produk yang memiliki siklus atau pola tertentu, seperti elpiji misalnya.

Toko kelontong dan pelanggan malas sebenarnya saling membutuhkan, jadi selanjutnya apakah berhenti disitu saja? Tentu anda bisa menggunakan kemampuan promosi yang dimiliki untuk sekalian menawarkan produk lain. Produk lain yang bisa dibeli oleh mereka dan dikirim bersamaan dengan mengirimkan air minum galon yang sudah dipesan.

Coretan Lain



2 thoughts on “Strategi Jitu Toko Kelontong Dan Pelanggan Malas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *