Susu Sapi Atau Susu Kedelai?

22-03-2013

susu-sapi-kedelai

Susu bagi sebagian orang adalah minuman yang lezat dan menyehatkan terutama pada anak-anak. Selain kaya kalsium dan protein, susu juga dikenal dengan kandungan lemak yang tinggi. Untuk menghindari kandungan lemakyang tinggi terebut, banyak orang memilih susu kedelai sebagai alternatif. Susu kedelai dipercaya memiliki kandungan lemak yang rendah dan jauh lebih menyehatkan, dibandingkan susu sapi.
Jika dilihat dari faktor keamanan, susu sapi yang dipasteurisasi tidak dapat dikatakan seratus persen aman. Pasalnya jika di saat sapi yang menghasilkan susu sedang sakit, maka susu yang diproduksi akan ikut terpengaruh juga. Berbeda dengan susu kedelai yang diproduksi secara langsung tidak menggunakan proses pembuatan yang panjang.

(Baca juga: Cara Memasak Tepat Menjadikan Sehat)

Selanjutnya bagaimana dengan kandungan nutrisi yang lain? Dan mana yang lebih sesuai dikonsumsi, susu sapi atau susu kedelai?

Kandungan Kalsium dan Protein.
Susu sapi mengandung protein dan kalsium yang bermanfaat membentuk tulang dan gigi yang sehat dan kuat. Segelas susu sapi mampu memberikan 30 persen dari kebutuhan harian kalsium dan 8 gram protein. Kandungan kalsium dalam susu sapi atau susu hewani lainnya diproduksi secara alami. Sedangkan pada produk susu kedelai atau susu nabati, harus ditambahkan kalsium didalamnya untuk meningkatkan nilai gizi dari susu tersebut.
Itu sebabnya, pada beberapa produk nabati, kandungan kalsium bisa sama bahkan lebih dari susu sapi. Sehingga, susu kedelai, santan, susu biji matahari, atau susu nabati lainnya bisa memberikan sampai dengan 45 persen dari kebutuhan harian kalsium serta mengandung sekitar 6 gram protein kedelai yang menyehatkan jantung dalam satu cangkir sajian.

Vitamin.
Perbedaan kandungan nutrisi pada susu sapi dan susu kedelai menjadikan masing-masing berbeda dan memiliki kelebihan sendiri. Susu sapi merupakan sumber vitamin dan mineral, seperti kalium, fosfor, dan vitamin D. Sedangkan secangkir susu kedelai mengandung isoflavon, tipe estrogen yang bisa mengurangi efek estrogen pada tubuh.
Bagi perempuan yang memiliki riwayat kanker payudara dalam keluarga, ada baiknya membatasi konsumsi estrogen dalam berbagai bentuk, termasuk makanan dan minuman mengandung kedelai. Namun susu kedelai ini bebas laktosa, sehingga sering dijadikan pilihan bagi mereka yang alergi susu sapi.

(Dikunjungi 176 kali, 1 pengunjung hari ini)

Coretan Lain



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *