Teknologi Baru Di Piala Dunia 2014

12-06-2014

Teknologi sudah sangat sering digunakan dalam even-even olahraga besar, tidak ketinggalan pula perhelatan Piala Dunia 2014 di Brazil yang sebentar lagi akan dimulai. FIFA sebagai induk sepakbola dunia yang menjadi penyelenggara Piala Dunia juga sudah tidak asing dengan penggunaan teknologi-teknologi terbaru sebagai penunjang kegiatannya. Selain menggunakan cat semprot yang mudah menghilang untuk penanda pagar tendangan bebas, teknologi-teknologi baru apa saja yang akan diperkenalkan di Piala Dunia 2014? Berikut diantaranya.

Brazuca.
Brazuca adalah bola resmi Piala Dunia 2014 yang diproduksi oleh Adidas yang mana menurut pembuatnya bola ini telah memenuhi semua standar yang telah ditentukan oleh FIFA. Adidas mengatakan bahwa bola ini telah diuji lebih dari 2,5 tahun dan memiliki konstruksi yang unik berbeda dengan Jabulani pendahulunya yang digunakan di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Brazuca terbuat dari hanya enam panel urethane yang saling terkunci satu dengan yang lain. Panel tersebut memiliki ribuan bintik kecil mirip parut (serupa dengan permukaan bola basket) yang menjadikan Brazuca lebih stabil dan lebih aerodinamis.

brazuca

Teknologi Garis Gawang.
Teknologi ini merupakan teknologi baru yang paling penting yang diterapkan pertama kali di ajang Piala Dunia. Menggunakan 14 kamera berkecepatan tinggi yang dipasang di sekeliling stadion guna melacak pergerakan bola dalam 3 dimensi. Ketika bola melewati garis gawang maka wasit yang bertugas akan menerima sinyal melalui jam tangan yang dipakai yang terhubung dengan sistem GoalControl. Diharapkan teknologi ini mampu mencegah wasit keliru dalam memberikan keputusan telah terjadi gol atau tidak sehingga peristiwa tidak diakuinya gol Frank Lampard di Piala Dunia 2010 tidak terulang.

goal control

Siaran Resolusi 4K.
Kita semua tentu sudah mulai terbiasa dengan teknologi display HD 1080p, namun dengan teknologi 4K kita akan diberikan sebuah tayangan dengan tingkat resolusi layar sebesar 3840 x 2160 piksel. Menonton siaran pertandingan Piala Dunia 2014 dengan resolusi sebesar itu tentu akan sangat menyenangkan. Hal ini bisa terwujud karena Sony dan FIFA telah bekerjasama untuk mewujudkan siaran pertandingan dengan resolusi 4K. Namun pihak Sony mengatakan bahwa tidak semua pertandingan akan disiarkan dalam resolusi ini, karena pada dasarnya Sony masih dalam tahap pengenalan teknologi ini pada dunia. Rencananya hanya ada tiga pertandingan yang akan disiarkan menggunakan teknologi baru ini, satu pertandingan babak 16 besar, satu pertandingan semi final, dan tentu saja pertandingan final.

4K camera

(Dikunjungi 119 kali, 2 pengunjung hari ini)

Coretan Lain



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *