Tips Pencitraan Dan Aktualisasi Diri Bagi Orang Introvert

24-08-2016

Salah satu kunci sukses karir adalah personal branding yang bahasa kekiniannya adalah citra diri atau pencitraan. Memperkenalkan dan menunjukkan diri sendiri, apa dan bagaimana kemampuan dan kualitas kerja kita kepada rekan kerja atau orang lain yang terlibat dengan pekerjaan yang kita lakukan. Bagi sebagian orang adalah mudah untuk melakukan hal tersebut. Namun berbeda dengan orang introvert karena mereka memiliki kecenderungan untuk menyendiri dan pemalu. Seorang introvert akan merasa tidak nyaman ketika berada dilingkungan kerja “ramai”. Lingkungan yang terdiri dari banyak rekan kerja yang memiliki sifat extrovert yang cenderung sangat mudah bersosialisasi.

Seorang introvert akan merasa berat untuk melakukan pencitraan, karena bagaimanapun juga melakukan pencitraan itu cenderung berlawanan dengan sifat alami orang introvert. Tapi berat bukan berarti tidak bisa, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu seorang introvert untuk melakukan pencitraan diri di tempat kerja.

(baca juga: Pentingnya Kartu Nama Dalam Kegiatan Usaha)

Jangan malu untuk membicarakan keberhasilan pekerjaan.
Orang introvert seringkali tidak mendapatkan penghargaan atas apa yang telah berhasil dikerjakannya karena mereka sering malu untuk mempromosikan diri atau menarik perhatian rekan kerja yang lain. Kurang bijak rasanya membiarkan orang lain membicarakan kesuksesan sebuah pekerjaan tapi mereka tidak mengetahui siapa orang dibalik kesuksesan itu. Kondisi tersebut tentu akan berpengaruh pada penilaian prestasi bahkan karir seseorang.
Jika anda seorang introvert jangan biarkan hal itu terjadi, renungkan sejenak dan pikirkan apa yang hendak anda sampaikan. Gapai pengakuan dari rekan kerja sesuai dengan pencapaian yang anda lakukan.

Kerja lebih keras untuk membina hubungan.
Seorang introvert biasanya hanya akan mencari seorang mentor yang akan membimbingnya, karena introvert umumnya canggung atau tidak tahu kepada siapa dan bagaimana harus bertanya ketika membutuhkan referensi. Menjalin hubungan erat dengan seseorang yang bisa anda jadikan juru bicara akan sangat menguntungkan, terutama jika anda membutuhkan seseorang yang jujur dan pandai berbicara tentang kemampuan dan prestasi anda.

orang introvert

Ada Banyak Kelebihan Orang Introvert Yang Bisa Diaktualisasikan Melalui Media Sosial

Suarakan ide anda.
Tidak harus cerewat atau banyak bicara, tapi beranikan diri untuk berbicara mengenai ide-ide baru atau opini anda. Hal ini akan membantu pimpinan atau manajer anda untuk mendengar dan mengenali kemampuan dan kontribusi anda di perusahaan. Jika masih terasa berat untuk berbicara, bayangkan dalam pikiran sebuah rancangan atau urutan kata-kata yang akan disampaikan. Dan langkah selanjutnya adalah ungkapkan dengan rasa percaya diri.

(baca juga: Menjadi Tenaga Penjualan Yang Lebih Baik)

Selalu punya rencana dan berlatih menghadapi situasi.
Jika anda memiliki jadwal kegiatan yang melibatkan anda, luangkan waktu sejenak untuk membuat rencana. Siapa yang akan anda temui, apa yang mungkin akan dibicarakan, bagaimana cara menaggapinya, dsb. Pembicaraan akan mengalir secara alamiah ketika banyak kesamaan diantara orang-orang yang berkumpul.
Jangan lupa lakukan latihan kecil terlebih dahulu ketika anda harus tampil sebagai pembicara atau melakukan presentasi terkait pekerjaan. Lakukan didepan cermin atau dengan bantuan teman yang anda percaya.

Orang introvert biasanya akan merasa lebih nyaman melakukan komunikasi secara online atau tulisan dibandingkan bertemu langsung dengan lawan bicaranya. Karena pencitraan diri atau personal branding merupakan hal yang penting, maka sebaiknya orang introvert memanfaatkan semaksimal mungkin berbagai macam media sosial. LinkedIn, Twitter, atau bahkan Facebook bisa digunakan untuk menambah jaringan tanpa harus merasa tertekan dalam berkomunikasi. Dunia kerja profesional terlihat menakutkan bagi orang-orang introvert, tapi siapapun anda dapat belajar membentuk jaringan yang luas untuk meningkatkan citra diri.

(Dikunjungi 204 kali, 2 pengunjung hari ini)

Coretan Lain



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *