Tips Untuk Membedakan MLM Dengan Skema Piramida

25-04-2015

mlm-piramida-skema-ponzi

(Baca juga: Multilevel Marketing Atau Skema Piramida?)

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang dapat anda gunakan sebagai panduan untuk menilai apakah sebuah bisnis itu termasuk bisnis MLM yang baik atau hanya sekedar bisnis Skema Piramida (Ponzi) yang akan mencuri uang anda.

Apakah anda diminta untuk membayar “investasi awal ” dalam jumlah yang cukup besar ketika mendaftar menjadi anggota?
Permintaan biaya investasi awal yang besar ini biasanya disamarkan dalam bentuk pembelian produk awal atau starter kit. Sebuah bisnis MLM yang baik tidak membebani anda dengan biaya awal yang besar.

Jika anda diwajibkan membeli persediaan produk, apakah ada kebijakan untuk pembelian kembali atau retur jika produk tidak terjual?
Bisnis MLM yang baik biasanya memiliki kebijakan untuk membeli kembali produk yang telah anda beli namun gagal anda jual dalam persentase tertentu.

Apakah ada perhatian terhadap pasar atau konsumen dari produk yang ditawarkan?
Bisnis MLM sangat tergantung pada terciptanya pasar yang membutuhkan produk mereka. Apabila perusahaan tampak tidak peduli atau tidak memiliki kebijakan dalam menciptakan dan mengembangkan pasar maka sebaiknya anda tidak bergabung.

Apakah lebih mementingkan menarik anggota baru daripada menjual produk?
Perlu diingat kembali perbedaan fokus usaha dari MLM dan Skema Piramida. Fokus dari Skema Piramida adalah keuntungan yang cepat diperoleh dari pendaftaran member baru dan mengambil uang mereka. Jadi jika sistemnya lebih fokus pada pencarian member baru maka sebaiknya anda tidak bergabung.

Apakah desain bisnisnya memberikan anda lebih banyak pendapatan dari mencari member baru dibandingkan dengan penjualan produk yang anda lakukan?
Jika ya, maka hal tersebut adalah ciri utama dari bisnis Skema Piramida.

Apakah anda mendapatkan komisi dari keanggotaan member baru dibawah anda?
Ini adalah salah satu ciri khas Skema Piramida, jumlah member baru yang terdaftar jauh lebih penting dibandingkan dengan produk yang ditawarkan.

(Dikunjungi 267 kali, 1 pengunjung hari ini)

Coretan Lain



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *