Waktu Yang Tepat Untuk Minum Air Putih

29 Mar 2013 | Dilihat 881 kali | 0 komentar
Kategori: Kesehatan | Tags: , ,
Minum air putih yang bersih dan sehat dengan jumlah yang cukup akan dapat menjaga kondisi kesehatan tubuh dengan baik. Selain minum air putih dengan jumlah yang cukup dalam sehari, mengetahui saat yang tepat meminum air putih ternyata bisa memaksimalkan kebaikan yang bisa diperoleh dari air putih.

Minum air putih ketika bangun tidur.
Minum segelas air putih segar ketika bangun tidur di pagi hari sebagai pemberitahuan kepada tubuh kita bahwa sudah saatnya untuk bangun dan memulai aktivitas. Dapat digambarkan seperti semacam arus air sungai yang lembut mendorong ranting dan bebatuan, sistem sirkulasi tubuh membutuhkan cairan untuk mendorong radikal bebas dan residu dari kalori yang terbakar selama metabolisme di malam hari.

Minum air putih sebelum makan.
Minum air putih menjelang makan membantu anda merasa lebih kenyang, sehingga anda akan makan dengan wajar tidak seperti orang kelaparan yang kalap. Air membantu perut untuk siap menerima makanan yang akan masuk, membersihkan rongga mulut yang kering, menghilangkan sisa-sisa rasa dari makanan sebelumnya, membangkitkan indera pengecap yang ada di lidah, dan melembabkan usus sehingga makanan yang keras atau asam tidak akan terlalu mengganggu perut.

Minum air putih pada saat makan camilan.
Kadangkala anda merasa lapar diantara waktu makan. Lebih baik coba untuk minum air putih untuk mengetahui apakah anda lapar atau hanya kurang cairan atau dehidrasi. Kadang beberapa orang beranggapan mereka lapar, padahal hanya haus. Minum air putih sebelum makan camilan atau pada saat makan camilan akan membantu anda merasa lebih cepat kenyang dan mungkin akan makan lebih sedikit.

Minum air putih sebelum olahraga.
Anda membutuhkan segelas atau beberapa gelas air putih sebelum berolahraga untuk mencegah dehidrasi, tergantung pada kondisi suhu dan kelembaban udara, dan tingkat cairan dalam tubuh. Berolahraga ringan atau berat, asupan air sangat penting untuk mencegah serangan panas di cuaca yang terik karena sirkulasi dalam tubuh memiliki peran sebagai pelindung.

Minum air putih setelah berolahraga.
Setelah selesai berolahraga, minumlah air putih untuk menggantikan cairan yang hilang melalui keringat dari aktivitas fisik. Namun jangan minum terlalu banyak cepat-cepat, hal ini dapat memicu timbulnya kram perut. Minumlah air putih secukupnya sesuai perkiraan anda sehingga anda tidak mengalami dehidrasi.

Minum air putih ketika lelah.
Anda merasa lelah? Ingin istirahat atau tidur sejenak namun tidak bisa? Cobalah untuk minum segelas air putih. Air memiliki kemampuan untuk meresap dengan cepat kedalam tubuh, dengan kemampuannya itu air akan cepat mencapai otak dan dan menstimulasi otak untuk segera aktif berkonsentrasi melakukan aktivitas yang sedang atau akan anda lakukan.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 − 4 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>